Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien

Sunday, September 1, 2019

[Sains Box] Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien


SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) telah mencoba memilih apakah pengunjung antar bintang yg pertama kali diketahui berada di bawah kendali alien yg cerdas, atau tidak sama sekali? Objek sepanjang 400 meter yg terbang melewati planet kita pada bulan Oktober 2017 yg kemudian ini, menjadi fokus banyak perdebatan dan intrik sehabis ditemukan berasal dari tata surya yg jauh. Ada yg beropini bahwa, objek tersebut dapat saja yakni pesawat alien. Apakah benar demikian?

SETI telah tertarik untuk mengalihkan perhatiannya terhadap objek itu dengan keinginan menemukan bukti kehidupan alien yg cerdas menyerupai yg telah diributkan.

Baca Juga:


Kembali pada bulan Desember tahun lalu, dia memakai Allen Telescope Array, yaitu sebuah sistem dari 42 piring radio di California untuk mendengarkan sinyal-sinyal luar angkasa yg mungkin berasal dari objek yg berjulukan 'Oumuamua tersebut.

Saygnya, berdasarkan laporan yg gres diterbitkan, pencarian itu gagal tidak menemukan apa pun.

"Kami mencari sinyal yg akan mengambarkan bahwa objek ini menggabungkan beberapa teknologi, dan mengungkap apakah itu yakni buatan," kata penulis utama, Gary Harp.

"Namun, kami tidak menemukan emisi semacam itu, meskipun pencarian yg cukup sensitif. Sementara pengamatan kami tidak secara niscaya mengesampingkan asal tidak alami untuk 'Oumuamua..."

Robert C. Byrd Green Bank Telescope
________________________________________

Pada sekitar waktu yg sama, proyek Terobosan bernilai $ 100 juta juga berusaha menemukan bukti sinyal alien dari 'Oumuamua memakai Robert C. Byrd Green Bank Telescope di Virginia Barat.

Saygnya, proyek itu juga gagal menemukan gejala kecerdasan luar angkasa.

Tampaknya, melihat dari hasil semua penelitian itu, objek tersebut bukanlah sesuatu yg lebih dari fenomena yg terjadi secara alami. Itu mungkin hanya sekedar batuan angkasa saja. Namun, misteri tetap masih membuat. rasa ingin tau para peneliti.

Hmmm, makin ingin tau aja, apakah itu benar-benar teknologi alien yg canggih, sehingga tidak gampang terdeteksi oleh kita?

*******
Search for Extraterrestrial Intelligence Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien
Search for Extraterrestrial Intelligence Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien
Search for Extraterrestrial Intelligence Objek Antar Bintang 'Oumuamua Bukanlah Teknologi Alien